Senin, 20 Februari 2012

Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia maka sama halnya dia tidak bersyukur kepada Allah


Berawal dari hadist di atas saya akan mengajak anda berfikir tentang kemuliaan makhluk yg diciptakan Allah Swt. Betapa dahsyatnya Allah Swt menciptakan hal yg kecil namun sering kali kita menganggap hal semacam itu remeh saja. Bahkan tak pernah menjadikannya sebagai bahan untuk berfikit (tadabbur) tentang kekuasaan Allah Swt yang dapat membuat kita jauh dari kesombongan dan memang sombong hanya dimiliki oleh Allah Swt semata.
Kita awali dari surat al-Baqarah ayat 26 yang berbunyi:
إن الله لايستهي أن يضرب مثلا مابعوضة فما فوقها
Ayat ini saya artikan sesungguhnya Allah tidak malu untuk menciptakan hewan sekecil lalat atau bahkan lebih kecil dari itu. Ayat ini memberikan sesuatu yang tentunya membuat penasaran apa sebenarnya maksud dari ayat ini. Banyak para peneliti mengkaji ayat ini secara ilmiah. Dan telah terbukti bahwa ternyata serangga yang tubuhnya mungil seperti capung itu memiliki kecepatan yang sama dengan pesawat yang - tentu tubuhnya begitu besar jika dibandingkan dengan serangga kecil - buatan USA F16 dengan kecepatan 31 mil per jam. Sungguh luar biasa bukan.
Serangga lain yang memiliki kedahsyatan yang luar biasa yaitu Lebah atau Tawon. Sudah tak diragukan lagi banyak hadist yang menyatakan hewan satu ini memiliki madu yang fungsinya sangat luar biasa. Sebagai obat yang khasiatnya sangat mujarab untuk banyak penyakit. Tidak hanya itu ternyata lebah mampu mendeteksi madu dari jarak 11 km. Sungguh mahkluk yang luar biasa. Bahkan manusia pun tidak dapat meniru dan bahkan memiliki kemampuan lebah. Setelah diteliti ternyata lebah hanya memiliki 7000 sel otak.
Kita bandingkan dengan Tikus. Mamalia ini ternyata memiliki 5juta sel otak. Tikus memiliki psikologis yang hampir mirip dengan manusia misalkan tikus akan berdandan jika bertemu dengan lawan jenisnya bahkan sedih dan menyesal juga bisa dirasakan oleh Tikus. Sehingga banyak para peneliti menjadikan Tikus sebagai bahan percobaan mereka.
Lebah memiliki 7000 sel otak dan Tikus memiliki 5juta sel otak. Ternyata Orang Utan memiliki kapasitas otak yang lebih tinggi diantara hewan-hewan yang ada. Dengan 10 milyar sel otak, orang utan mampu bekerja dan mengerjakan hal-hal yang dilakukan oleh manusia. Di Amerika ada tempat pelatihan Orang Utan untuk dijadikan sebagai penjaga mobil sebab angka pencurian mobil disana sangat tinggi. Dan hasilnya memuaskan, Orang Utan itu bisa mengalahkan para pencuri mobil dengan tehnik bela diri yang diajarkan dari tempat dimana dia dilatih.
Jika Orang Utan memiliki kapasitas otak yang paling canggih diantara hewan yang diciptakan Allah, lalu bagaimana dengan manusia?? Berapa sel otak yang dimiliki manusia??
Allah Maha Besar, Maha Suci dengan kebijaksanaan-Nya yang telah menyempurnakan manusia dalam segala hal. Dengan 1 trilyun sel otak, Allah memberi kita segalanya. Kalaupun alam dan seisinya dimasukkan dalam otak kita, niscaya tak akan pernah penuh. Otak manusia tak akan pernah penuh meskipun dimasuki dengan berbagai macam pengetahuan mulai lahir sampai mati pun, bahkan akan tersisa.
Lalu pertanyaannya siapa sebenarnya yang memberi setiap kepala manusia didalamnya ada 1 trilyun sel otak??
Seorang anak yatim yang dilahirkan dari rahim Siti Aminah, pada Tahun Gajah dan dilahirkan dalam keadaan bersujud kepada Allah Swt. Ditengah kejahiliyahan peradaban dunia bahkan kehidupan pada saat itu lebih parah dari hewan, sungguh tak ber pri kemanusiaan. Muhammad diutus untuk merubah semua hal yang tak beradab menjadi kembali kepada pangkuan Ilahi Azza Wajalla. Subhannallah…1 trilyun sel otak diberikan kepada manusia sebab Nur Muhammad yang telah menjadi inspirasi bagi munculnya alam semesta ini.
Perwujudan syukur dan cinta terhadap Rasulullh harus di utamakan dari pada cinta kita kepada siapapun. Apalagi cinta kepada hal-hal yang bersifat duniawi. Karena beliaulah selain diberi 1 trilyun sel otak, kita telah ditunjukkan kejalan yang diridlhoi Allah Swt. Karena beliaulah perempuan memiliki derjat yang tinggi dan tidak lagi dipandang rendah. Bahkan beliau memberikan jaminan surga kepada siapapun yang menghormati ibunya. Kebalikannya jika mendurhakai terhadap orang tua terutama kepada seorang Ibu maka Nabi menggolongkan mereka masuk kedalam neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan sesuai hadist:
ثلاثة قد حرم الله الجنة عليهم المدمن الخمر العاق والديوث الذي يقر في بيته الخبث.
Artinya: Ada 3 orang yang oleh Allah Swt diharamkan masuk kedalam Surga, Pertama; Orang yang suka minuman keras, Kedua; Mendurhakai kepada kedua orang tua, Ketiga; Laki-laki yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan kemaksiatan didalam keluaraga namun diam saja. Ketiga macam orang ini lah yang oleh Allah Swt akan dimasukkan kedalam neraka.
الذي وقودهاالناس والحجارة
Artinya: Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan.
Semoga kita semua dijauhkan dari siksa neraka amin.
Setelah kita ketahui bersama bahwa karena beliaulah kita menjadi mahkluk yang utama. Maka saat ini kita harus lebih mencintai Rasullullah saw sebagai perwujudan rasa terimakasih kita kepada beliau. Sebab Nabi Muhammad telah bersabda bahwa barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia maka dia tidak bersyukur kepada Allah Swt.
Implementasi rasa syukur serta ekspresinya bisa dengan berbagai macam. Ada yang dengan menggunakan ungkapan kata Alhamdulillah sampai pada aplikasi kehidupan nabi untuk kegiatan sehari-hari melalui sunnah yang beliau lakukan. Mudah dalam beramal serta istiqomah dalam beribadah juga merupakan perwujudan syukur kepada Nabi Muhammad Saw.
Pada dasarnya ibadah Shalat yang disyariatkan dalam agama Islam sesuai dengan ayat:
ان الصلاة كانت علي المؤمنين كتابا موقوتا
Artinya; Sesungguhnya shalat bagi orang-orang mukmin hukumya wajib.
Adalah pekerjaan yang mudah, sebab Allah tidak pernah mempersulit hambanya. Dengan bukti ketika tidak bisa Shalat dengan berdiri maka bisa dilakukan dengan duduk, jika masih tidak mampu, maka dengan tidur, jika masih tidak mampu dengan isyarah. Cukup mudah dengan rukun shalat yang jumlahnya hanya 17 rukun, tidak ada yang sulit. Namun yang cukup berat adalah selalu Shalat tatkala waktu telah masuk. Dan seringkali kita gagal dalam melaksanakan hal ini. Sehingga ke istiqomahan adalah kunci utama yang perlu selalu kita pegang supaya iman selalu terjaga.
Dalam dimensinya yang lebih mendalam, Iman tidak cukup hanya dengan sikap batin yang percaya atau mempercayai sesuatu belaka, tapi menuntut perwujudan lahiriah atau eksternalisasinya dalam tindakan-tindakan. Klasifikasi Iman ada empat macam :
1. الإيمان يزيد و لا ينقص Iman yang selalu bertambah dan tak pernah berkurang hanya dimiliki oleh para Nabi, Rasul dan para Walinya Allah Swt.
2. الإيمان لا يزيد ولا ينقص Iman yang tidak bertambah dan berkurang hanya dimiliki oleh para Malaikat Allah Swt.
3. الإيمان يزيد و ينقص Iman yang kadang bertambah dan kadang berkurang tingkatan iman seperti ini dimiliki oleh orang-orang biasa.
4. الإيمان لا يزيد و ينقص Iman yang tidak pernah bertambah bahkan selalu berkurang dan terus berkurang seperti imannya orang-orang Munafik.
Iman merupakan hal pokok didalam Islam. Keimanan seseorang menurut saya bisa terdeteksi dari akhlaknya, jika akhlaknya baik Insyaallah kadar keimanannya juga baik. Klasifikasi akhlak menurut Imam Hujjatul Islam Abi Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Gazali dalam kitabnya Kimiya’ussa’adah terbagi menjadi empat macam:
1. أخلاق البهائم Manusia menurut Imam Ghazali digolongkan berakhlak layaknya hewan jika perilakunya hanya makan, tidur, kawin dan makan.
2. أخلاق السباع Imam Ghazali menggolongkan manusia yang suka merampok, pembunuh, berbuat kekerasan sama dengan hewan buas.
3. أخلاق الشيطان Jika manusia sering berdusta, menggunjing, menghasut, adu domba maka menurut Imam Ghazali digolongkan layaknya setan.
4. أخلاق الملائكة Sikap ta’at atas perintah Allah dan Rasulnya serta saling mengasihi di antara mahkluknya Allah merupakan perwujudan dari prilaku Malaikat yang penuh rohmat dan kebaikan.
Dengan berbekal akhlak yang mulia Nabi kita Muhammad Saw membawa Islam hanya dalam rentan waktu seperampat abad sudah menyebar diseluruh dunia. Telah hampir 15 abad yang lalu Nabi Muhammad merubah peradaban jahiliyah dimana seluruh jagad alam penuh denan kemuysrikan penodaan serta penistaan dan pembunuhan tak bermoral. Sehingga di utusnya Nabi Muhammad memang merupakan rahmat bagi alam semesta alam hal ini tercermin dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ ayat 107 yang berbunyi :
وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين
Islam datang sebagai sebuah sistem sempurna yang meliputi segala hal makro kemanusiaan, baik dalam tataran spiritual maupun tataran praktis. Islam menyebut dirinya sebagai agama segenap manusia dan misi bagi segenap manusia.

1 komentar:

  1. Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kita perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu

    BalasHapus